Roleplaying Contest 2019 Jadi Ajang Peningkatan Kualitas Layanan

Kamis, 14 November 2019 - 15:02 WIB
Roleplaying Contest 2019 Jadi Ajang Peningkatan Kualitas Layanan
Roleplaying Contest 2019 Jadi Ajang Peningkatan Kualitas Layanan
A A A
JAKARTA - Roleplaying Contest 2019 menjadi kompetisi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada customer. Hal ini merujuk pada teknologi yang semakin maju.

Hadirnya berbelanja melalui online shop atau e-commerce memberikan banyak kemudahan kepada customer. Namun ada hal – hal yang tidak bisa didapatkan ketika berbelanja di online shop atau e-commerce, yaitu interaksi secara langsung, seperti bertatap muka, meminta saran kepada penjual serta mengecek kualitas barang pada saat berbelanja.

Interaksi langsung antara penjual dan pembeli atau pengalaman berbelanja inilah yang masih bisa dirasakan oleh customer ketika berbelanja di AEON MALL BSD CITY. Untuk meningkatkan pengalaman berbelanja tersebut, pada akhir 2019 ini AEON Mall BSD City kembali menyelenggarakan Roleplaying Contest.

“Sebagai pusat perbelanjaan dari Jepang, AEON Mall BSD Citu senantiasa ingin memberikan shopping experience yang memuaskan melalui kualitas pelayanan yang terbaik untuk customer. Roleplaying Contest adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga customer bisa mendapatkan kepuasan ketika berbelanja,” kata Windy Bharata selaku General Manager Operation AEON Mall BSD City.

Roleplaying Contest pertama kali diadakan di Jepang dan menjadi agenda tahunan. Untuk mengikuti kesuksesan Roleplaying Contest di Jepang, pada 2018, Roleplaying Contest resmi dihelat di Indonesia untuk pertama kalinya, tepatnya di AEON Mall BSD City. Selain Jepang dan Indonesia, kontes ini juga telah diadakan di China, Kamboja, dan Vietnam.

Roleplaying Contest 2019 dibagi menjadi beberapa tahapan yang dimulai sejak September 2019. Tahapan pertama adalah workshop yang mengajarkan para peserta keterampilan mengenai keramah – tamahan meliputi cara tersenyum, menyapa, tata karma serta penampilan yang rapi.

Tujuan pelatihan ini agar peserta bisa berinteraksi dengan baik dengan customer sehingga customer bisa menikmati suasana belanja dan merasa dilayani dengan ramah. Dasar dari pelayanan keramah – tamahan adalah pelayanan yang dilakukan dengan sepenuh hati. Total peserta yang mengikuti workshop berjumlah 173 peserta. Setelah mendapatkan pelatihan, para peserta workshop diperbolehkan mendaftarkan diri untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu babak kualifikasi. Tahapan ini diikuti oleh 87 peserta.
Pada tahap kualifikasi yang diselenggarakan pada Oktober 2019, para peserta menawarkan produk unggulan mereka kepada pemeran pelanggan serta mengaplikasikan pelatihan mengenai pelayanan keramah - tamahan yang sudah didapatkan pada saat workshop.

Pada tahap kualifikasi, penampilan dari para peserta dinilai oleh juri dari pihak Management AEON. Dari tahapan kualifikasi dipilih 8 peserta dengan nilai tertinggi yang berhak masuk ke tahap final.

Memasuki tahap akhir, 8 finalis akan ‘unjuk gigi’ di depan empat juri seperti Stefanus Ridwan selaku Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Hendra Tirtawinata selaku Wakil Ketua APPBI DPD Banten, Fariyanto Nickholas Sonda selaku Retail & Hospitality Division Head Sinarmas Land, Windy Bharata selaku General Manager Operation AEON MALL BSD CITY.

Para finalis akan diberikan waktu selama empat menit untuk menyambut, berinteraksi dengan pemeran pelanggan dan memperlihatkan keterampilan keramah – tamahan yang sudah mereka pelajari dan latih.

“Kami menyelenggarakan rangkaian Roleplaying Contest setiap tahun karena kami ingin memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan tenant agar bisa mendapatkan pengetahuan mengenai keterampilan keramah – tamahan. Dan setelah mengikuti Roleplaying Contest, kami harap agar karyawan tenant tidak hanya bisa menjelaskan detail produk tetapi juga bisa menerapkan cara melayani customer dengan baik,” tutur Windy.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5117 seconds (0.1#10.140)